Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan merupakan wajah kehidupan tradisional di Jakarta yang terletak di Kecamatan Srengseng Sawah Jakarta Selatan. Keleidoscope penuh warna tradisional menarik setiap pengunjung dengan luas daerah 66 hektar, sebuah daerah yang dikenal sebagai Perkampungan Budaya Betawi. Setu sendiri berarti sebuah danau kecil yang digunakan oleh orang Betawi.

Bersiaplah untuk mendapatkan suasana yang mempesona di dalam budaya Betawi seperti lenong (tradisional Betawi komedi putar), tari Topeng, pernikahan tradisional Betawi dan tentu saja Ondel-ondel, boneka raksasa yang berpakaian tradisional Betawi dengan kostum berwarna-warni. Selain itu, anda juga dapat menikmati rumah tradisional Betawi yang dibangun kembali di tahun 1920, Menyewa perahu bebek di sekitar danau untuk melengkapi kunjungan anda.

perkampungan-budaya-betawi-pbb-setu-babakan
beritajakarta.com

Masyarakat Setu Babakan sendiri masih berbicara dengan dialek Betawi yang unik, yang merupakan campuran dari dialek Melayu dipengaruhi oleh bahasa Bali dan Hokien dengan tata bahasa dan kosa kata berasal dari Cina. Anda juga dapat berinteraksi dengan ramah bersama orang Betawi dan menikmati musik tradisional seperti rebana, Keroncong dan Samroh yang sebagian besar dipengaruhi oleh Portugis dan Arab.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini antara Juni dan Juli di mana diadakan festival yang diatur khusus untuk memperingati ulang tahun Jakarta.

Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan

Alamat : Jl. H. Moch Kahfi, Jakarta Selatan.
Telp. 021-7862861)

Share:
Related Post